Beranda > Berita AYam Ketawa / Manu Gagak > Bisnis Ayam Ketawa Menjanjikan

Bisnis Ayam Ketawa Menjanjikan

Metrotvnews.com, Kudus: Usaha peternakan ayam selalu menyimpan potensi menjanjikan. Namun, jenis ayam yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat Kudus, Jawa Tengah, bukan ayam biasa, melainkan ayam ketawa. Ayam spesial ini disukai karena memiliki suara yang khas, seperti orang sedang tertawa.

Sepintas tidak ada yang berbeda dengan ayam ketawa dengan ayam jantan lainnya. Mulai dari warna serta karakternya hampir menyerupai ayam pada umumnya. Disebut ayam ketawa, salah satunya karena ayam tersebut mengeluarkan suara atau kokok yang berbeda dengan ayam kebanyakan.

Ayam ini mampu mengeluarkan suara yang bagus, seperti sedang tertawa. Bahkan, untuk jenis ayam ketawa unggul, konon mampu menghasilkan suara selama hampir satu menit tanpa putus.

Menurut sejarahnya, ayam langka ini berasal dari daerah Sidrap, Sulawesi Selatan. Menurut legenda masyarakat setempat, ayam ini dahulu dipelihara oleh para bangsawan Keraton Bugis.

Henni Purwatiningsih, salah seorang peternak ayam ketawa di Kudus, menyatakan, bisnis ini digelutinya karena memiliki potensi yang luar biasa. Untuk ayam berusia sekitar tiga bulan saja, harganya sudah berkisar Rp3 juta setiap ekornya.

Setelah menjalani bisnis ini, Henny memiliki tips tersendiri untuk merawat ayam ketawa. Dalam setiap pakannya, Henny senantiasa menambahkan menu khusus berupa jamu dan suplemen, agar kualitas suara kokoknya semakin bagus dan semakin lama. (RIE)

Kutipan : http://metrotvnews.com/

  1. Anonim
    36 pukul 3:25 pm

    Saya akan membeli ayam ketawa

  2. 59 pukul 3:26 pm

    Saya akan membeli ayam ketawa

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: